Tips Dan Trik Berlari Untuk Pemula

Options
ykakomba
ykakomba Posts: 8 Member
:bigsmile:

Tips Berlari Untuk Pemula

Berlari sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan, karena olahraga cardiovaskuler ini bisa membakar lemak dengan cepat dibanding olahraga lain. tapi berlari cukup sulit bagi pemula, dibawah ini tips dari saya yang saya kumpulkan dari paman saya yang juara marathon dan dari internet.

1.Berlari dengan menjatuhkan kaki anda seperti anda berjinjit tapi tidak terlalu berjinjit, hal ini bisa menghemat energi anda dan menghindarkan kaki dari cedera, dan juga memperkuat/melatih otot kaki menjadi lebih atletis.

2.Jangan berlari dengan menjatuhkan semua telapak kaki anda ataupun tumit anda, ini bisa mengakibatkan cedera punggung serius.

3.Berlari dengan bernafas dari hidung saja, dan sesekali saja dikeluarkan dari mulut. ini sangat berguna untuk menghemat energi anda, memperkuat nafas dan juga memperkuat otot perut. bila anda rutin melakukannya dijamin perut anda akan mulai rata.

banyak orang salah berlari dengan bernafas seperti biasa, ini sangat menguras energi anda dan membuat perut anda akan jatuh dan tidak tertahan, ini bisa mengakibatkan perut anda terlihat makin buncit.

4.Lakukan langkah kecil dan jangan ambisius, bila anda pemula, disarankan untuk berlari 1 km atau dibawahnya. dan diselingi dengan jalan cepat selama 20 menit, kenapa 20 menit, karena ini waktu yang efektif untuk membakar lemak.

5.Bila kaki sakit saat berlari untuk pertama kali beristirahat lah selama 2 sampai satu minggu, ini berguna untuk membentuk otot kaki anda terbiasa dengan kebiasaan baru.

6.Bila sakit telah hilang mulailah lagi berlari dengan jarak yang sudah anda capai sebelumnya. bila telah mahir dengan jarak tersebut mulailah menambah jarak.

7. ganti rute berlari setiap hari untuk menghilangkan kebosanan

8.Pilih berlari di luar ruangan karena selain menambah semangat juga menghilangkan kebosanan, lari di treadmil di rumah biasanya hanya bertahan 3 bulan paling lama karena kebanyakan orang bosan.

bila ada yang ingin ditanyakan silahkan reply postingan ini, thx:drinker: